A.
Manajemen
Kelas Yang Berbasis Teknologi
Pembelajaran tidak hanya terpaku
pada kegiatan yang lebih dari hanya berbicara dan transfer pengetahuan. Seiring
dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi sekolah mencari bentuk baru dalam
proses pembelajaran anak. Pembelajaran yang dimaksud adalah perkembangan teknologi
dimasa kini dan mendatang, murid butuh untuk persiapan dirinya terutama kaitanya
dengan perkembangan proyek yang harus dikerjakan baik secara individual maupun
kelompok. Hal ini tentunya mendorong para guru untuk lebih bertindak sebagai coaching dari pada upaya sekedar telling dan spending ilmu pengetahuan.
Pemanfaatan teknologi informasi
adalah basis dalam pengembangan pembelajaran di dalam kelas, baik dalam
pengaturan kelas dengan alat teknologi tersebut (praktek), maupun kelas yang di
sett dengan alat tekologi yang
memungkinkan anak dapat mempelajari apa yang diinginkannya dengan bantuan alat
teknologi tersebut. Teknologi memberikan dan menuntut hal-hal berikut :
1. Menuntut
guru melakukan pekerjaan dan alat yang lebih rumit
2. Mengarah
kepada peran guru sebagai pelatih dari pada sebagai penyalur pengetahuan
3. Menyediakan
kesempatan kepada guru untuk mempelajari isi pembelajaran kembali dan
menggunakan metode yang tepat berdasarkan kurikulum yang ada
4. Dapat
memberikan dorongan kepada murid untuk bekerja lebih keras dan lebih
berhati-hati dalam belajar
5. Membangun
budaya nilai dan mutu pekerjaan dalam sekolah secara signifikan.
B.
Inovasi
Dalam Sarana Kelas
Inovasi
sarana kelas harus mengacu pada peraturan perundangan yang berlaku yaitu UUSPN
NO.20 tahun 2003 dan Standar Nasional Pendidikan PP 19 taun 2005 yang berkaitan
dengan kriteria minimal tentang ruang belajar, tempat berolahraga, tempat
beribadah, perpustakaan, laboratorium, bengkel kerja, tempat bermain, tempat
berkreasi dan berekreasi, serta sumber belajar lain yang diperlukan untuk
menunjang proses pembelajaran termasuk penggunaan teknologi informasi dan
komunikasi.
Setiap satuan pendidikan wajib
memiliki sarana yang meliputi perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan,
buku dan sumber belajar lainnya, bahan habis pakai, serta perlengkapan lain
yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan
berkelanjutan.
Inovasi sarana kelas yang akan
dilakukan oleh guru harus memperhatikan dalam memenuhi keperluan pendidikan
sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan potensi fisik, kecerdasan intelektual,
sosial, emosional dan kejiwaan peserta didik.
C.
Hal-Hal
Yang Harus Diperhatikan Dalam Restruturisasi Kelas Dengan Basis Teknologi
Merupakan hal yang penting bagi guru
ketika memikirkan bahwa pembelajaran berbasis teknologi tidak hanya terfokus
pada teknologi komputer, walaupun memang pada saat ini komputer adalah salah
satu alat yang sedang digemari oleh sekolah dalam mendukung kegiatan anak
disekolah walaupun baru sampai pada tahap kegiatan ekstrakurikuler saja. Ada
alat lainnya yang juga bisa dimanfaatkan dalam melaksanakan kegiatan
pembelajaran dan tidak hanya sebagai alat bantu akan tetapi memang sebagai
kegiatan belajar yang dijalani oleh siswa, seperti telepon, facsimile, video
teknologi, dan lain-lainnya.
Yang harus dipikirkan dan menjadi
bahan pertanyaan bagi guru ketika membuat perencanaan pengajaran dengan
berbasiskan teknologi adalah : 1)what
general role do these technologies play in the class room, 2)what are the
implications of using technology for me as a teacher, 3)will the use of
technology help me students learn, 4)how do I integrate them into my teaching.
Beberapa
hal yang perlu diperhatikan dalam teknologi yang kita gunakan adalah :
1. Teknologi
itu bisa menyediakan informasi
2. Membangun
pengetahuan dan keterampilan murid
3. Bisa
mengakses sumber belajar lainnya.
Guru berkepentingan untuk memilih
dan menentukan teknologi yang digunakan terutama kaitannya dengan kepentingan
spesifikasi kegiatan belajar yang harus dilakukan oleh siswa dan hasil yang
diharapkan. Oleh karena itu hal-hal berikut ini perlu diperhatikan oleh guru :
1.
The
depth and quality of the information provide may vary
2.
Different
technologies and their application have direct implication on the number in
which the classroom in organized
3.
Technologies
differ on cosst and amound of integration needed to use them
4.
Technologies
vary in the flexibility of use.
Implikasinya
bagi guru dalam pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran adalah memperlancar
kegiatan dan memudahkan dalam proses pembelajaran karena sebagai berikut :
1. Menuntut
banyak kegiatan dari siswa dan menuntut murid untuk banyak berhati-hati dalam
menyiapkan pekerjaannya
2. Dapat
menyajikan bahan ajar yang kompleks
3. Mempercayai
murid dapat memahami konsep yang berat
4. Dapat
mempertemukan kebutuhan individu murid yang paling baik
5. Dapat
lebih memokuskan pada kegiatan murid sebagai senter dalam proses
pembelajarannya
6. Membuka
lebih luas perbedaan individual dan permasalahan yang muncul dalam pembelajaran
7. Membuka
kesempatan yang lebih luas dalam perbedaan pengalaman belajar bagi murid
8. Lebih
professional, karena diantara alat yang ada dapt mengurangi waktu dalam
memberikan instruksi dan lebih kepada membantu anak dalam belajar.
Pertanyaan
lainnya bagi guru ketika memulai pembelajaran dengan basis teknologi adalah :
ü Bagaimana
murid mereaksi terhadap teknologi yang dipergunakan dalam belajarnya ?
ü Bagaimana
teknologi memberikan dampak terhadap pengetahuan yang akan diberikan kepada
murid dan bagaimana murid dapat menangkapnya?
ü Bagaimana
teknologi dapat merubah ruang dan waktu dalam keiatan belajar dan mengajar?
ü Keterampilan
baru apa yang harus dimiliki murid ketika akan memulai belajar?
ü Bagaimana
teknologi dapat merubah kelas dan hubungan guru dengan murid?
ü Bagaimana
teknologi memberikan dampak terhadap prestasi di kelas?
ü Bagaimana
teknologi ini bekerja?
ü Berapa
banyak waktu yang dapat dibutuhkan untuk mempersiapkan teknologi dalam
pembelajaran di kelas?
ü Apakah
teknologi dapat merubah gaya belajar?
ü Permasalahan
apa yang dapat ditemukan bila memanfaatkan teknologi terutama dalam pengelolaan
kelas?
D.
Lingkungan
Untuk Efektivitas Penggunaan Teknologi
Teknologi di dalam kelas membantu memperlancar kegiatan belajar
yang harus dilalui oleh murid dan memberikan kemudahan bagi guru dalam proses
mentransfer ilmu pengetahuan kepada muridnya. Oleh karena itu lingkungan kelas
harus memberikan dukungan kepada kegiatan belajar yang menyenangkan bagi murid
dan guru mengajar dengan nyaman pula. Hal esensial yang harus diperhatikan
dalah sebagai berikut:
1.
Perlengkapan
teknologi harus tepat sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.
Dasar utama adanya atau
pemanfaatan teknologi di dalam kelas adalah kesesuaian dengan kebutuhan
pembelajaran. karena apabila tidak berkesesuaian maka teknologi itu hanya
sekedar pajangan saja tanpa memiliki nilai manfaat pendukung dalam proses
belajar mengajar.
2.
Akan
membutuhkan banyak waktu dan mempelajarinya ketika teknologi masuk dalam
program instruksional.
Kesiapan guru dalam memahami dan mampu
mengoperasikan teknologi yang dimanfaatkan menjadi unsur penting selanjutnya.
Setelah dapat memahami dan mengoperasikannya, selanjutnya bagaimana mengemas
bahan ajar kedalam teknologi tersebut.
3.
Unsur-unsur pendukung sangat dibutuhkan
seperti keselamatan, kenyamanan, dan keindahan.
Dalam proses belajar mengajar keselamatan
dan kenyamanan tidak diperhatikan akan membahayakan anggota kelas. Dengan adanya
teknologi tidak menimbulkan ketakutan dan keindahan tetap terjaga.
4.
Tenaga
pendukung juga diperlukan ketika penggunaan teknologi lebih kompleks.
Apabila pengoperasiannya memerlukan pengetahuan yang tinggi, maka
guru dapat memanfaatkan petugas pengoperasian teknologi tersebut yang lebih
mampu dan berpengalaman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar