Laman

Minggu, 21 April 2013

PENDEKATAN TEKNOLOGI DALAM MANAJEMEN KELAS


A.    Manajemen Kelas Yang Berbasis Teknologi
            Pembelajaran tidak hanya terpaku pada kegiatan yang lebih dari hanya berbicara dan transfer pengetahuan. Seiring dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi sekolah mencari bentuk baru dalam proses pembelajaran anak. Pembelajaran yang dimaksud adalah perkembangan teknologi dimasa kini dan mendatang, murid butuh untuk persiapan dirinya terutama kaitanya dengan perkembangan proyek yang harus dikerjakan baik secara individual maupun kelompok. Hal ini tentunya mendorong para guru untuk lebih bertindak sebagai coaching dari pada upaya sekedar telling dan spending ilmu pengetahuan.

            Pemanfaatan teknologi informasi adalah basis dalam pengembangan pembelajaran di dalam kelas, baik dalam pengaturan kelas dengan alat teknologi tersebut (praktek), maupun kelas yang di sett dengan alat tekologi yang memungkinkan anak dapat mempelajari apa yang diinginkannya dengan bantuan alat teknologi tersebut. Teknologi memberikan dan menuntut hal-hal berikut :
1.      Menuntut guru melakukan pekerjaan dan alat yang lebih rumit
2.      Mengarah kepada peran guru sebagai pelatih dari pada sebagai penyalur pengetahuan
3.      Menyediakan kesempatan kepada guru untuk mempelajari isi pembelajaran kembali dan menggunakan metode yang tepat berdasarkan kurikulum yang ada
4.      Dapat memberikan dorongan kepada murid untuk bekerja lebih keras dan lebih berhati-hati dalam belajar
5.      Membangun budaya nilai dan mutu pekerjaan dalam sekolah secara signifikan.
                                                                                        

B.     Inovasi Dalam Sarana Kelas
            Inovasi sarana kelas harus mengacu pada peraturan perundangan yang berlaku yaitu UUSPN NO.20 tahun 2003 dan Standar Nasional Pendidikan PP 19 taun 2005 yang berkaitan dengan kriteria minimal tentang ruang belajar, tempat berolahraga, tempat beribadah, perpustakaan, laboratorium, bengkel kerja, tempat bermain, tempat berkreasi dan berekreasi, serta sumber belajar lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

            Setiap satuan pendidikan wajib memiliki sarana yang meliputi perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, bahan habis pakai, serta perlengkapan lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan.

            Inovasi sarana kelas yang akan dilakukan oleh guru harus memperhatikan dalam memenuhi keperluan pendidikan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan potensi fisik, kecerdasan intelektual, sosial, emosional dan kejiwaan peserta didik.

C.    Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Restruturisasi Kelas Dengan Basis Teknologi
            Merupakan hal yang penting bagi guru ketika memikirkan bahwa pembelajaran berbasis teknologi tidak hanya terfokus pada teknologi komputer, walaupun memang pada saat ini komputer adalah salah satu alat yang sedang digemari oleh sekolah dalam mendukung kegiatan anak disekolah walaupun baru sampai pada tahap kegiatan ekstrakurikuler saja. Ada alat lainnya yang juga bisa dimanfaatkan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dan tidak hanya sebagai alat bantu akan tetapi memang sebagai kegiatan belajar yang dijalani oleh siswa, seperti telepon, facsimile, video teknologi, dan lain-lainnya.
            Yang harus dipikirkan dan menjadi bahan pertanyaan bagi guru ketika membuat perencanaan pengajaran dengan berbasiskan teknologi adalah : 1)what general role do these technologies play in the class room, 2)what are the implications of using technology for me as a teacher, 3)will the use of technology help me students learn, 4)how do I integrate them into my teaching.

            Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam teknologi yang kita gunakan adalah :
1.      Teknologi itu bisa menyediakan informasi
2.      Membangun pengetahuan dan keterampilan murid
3.      Bisa mengakses sumber belajar lainnya.

            Guru berkepentingan untuk memilih dan menentukan teknologi yang digunakan terutama kaitannya dengan kepentingan spesifikasi kegiatan belajar yang harus dilakukan oleh siswa dan hasil yang diharapkan. Oleh karena itu hal-hal berikut ini perlu diperhatikan oleh guru :
1.      The depth and quality of the information provide may vary
2.      Different technologies and their application have direct implication on the number in which the classroom in organized
3.      Technologies differ on cosst and amound of integration needed to use them
4.      Technologies vary in the flexibility of use.

            Implikasinya bagi guru dalam pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran adalah memperlancar kegiatan dan memudahkan dalam proses pembelajaran karena sebagai berikut :
1.      Menuntut banyak kegiatan dari siswa dan menuntut murid untuk banyak berhati-hati dalam menyiapkan pekerjaannya
2.      Dapat menyajikan bahan ajar yang kompleks
3.      Mempercayai murid dapat memahami konsep yang berat
4.      Dapat mempertemukan kebutuhan individu murid yang paling baik
5.      Dapat lebih memokuskan pada kegiatan murid sebagai senter dalam proses pembelajarannya
6.      Membuka lebih luas perbedaan individual dan permasalahan yang muncul dalam pembelajaran
7.      Membuka kesempatan yang lebih luas dalam perbedaan pengalaman belajar bagi murid
8.      Lebih professional, karena diantara alat yang ada dapt mengurangi waktu dalam memberikan instruksi dan lebih kepada membantu anak dalam belajar.

Pertanyaan lainnya bagi guru ketika memulai pembelajaran dengan basis teknologi adalah :
ü  Bagaimana murid mereaksi terhadap teknologi yang dipergunakan dalam belajarnya ?
ü  Bagaimana teknologi memberikan dampak terhadap pengetahuan yang akan diberikan kepada murid dan bagaimana murid dapat menangkapnya?
ü  Bagaimana teknologi dapat merubah ruang dan waktu dalam keiatan belajar dan mengajar?
ü  Keterampilan baru apa yang harus dimiliki murid ketika akan memulai belajar?
ü  Bagaimana teknologi dapat merubah kelas dan hubungan guru dengan murid?
ü  Bagaimana teknologi memberikan dampak terhadap prestasi di kelas?
ü  Bagaimana teknologi ini bekerja?
ü  Berapa banyak waktu yang dapat dibutuhkan untuk mempersiapkan teknologi dalam pembelajaran di kelas?
ü  Apakah teknologi dapat merubah gaya belajar?
ü  Permasalahan apa yang dapat ditemukan bila memanfaatkan teknologi terutama dalam pengelolaan kelas?

D.    Lingkungan Untuk Efektivitas Penggunaan Teknologi
            Teknologi di dalam kelas membantu memperlancar kegiatan belajar yang harus dilalui oleh murid dan memberikan kemudahan bagi guru dalam proses mentransfer ilmu pengetahuan kepada muridnya. Oleh karena itu lingkungan kelas harus memberikan dukungan kepada kegiatan belajar yang menyenangkan bagi murid dan guru mengajar dengan nyaman pula. Hal esensial yang harus diperhatikan dalah sebagai berikut:
1.      Perlengkapan teknologi harus tepat sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.
      Dasar utama adanya atau pemanfaatan teknologi di dalam kelas adalah kesesuaian dengan kebutuhan pembelajaran. karena apabila tidak berkesesuaian maka teknologi itu hanya sekedar pajangan saja tanpa memiliki nilai manfaat pendukung dalam proses belajar mengajar.
2.      Akan membutuhkan banyak waktu dan mempelajarinya ketika teknologi masuk dalam program instruksional.
      Kesiapan guru dalam memahami dan mampu mengoperasikan teknologi yang dimanfaatkan menjadi unsur penting selanjutnya. Setelah dapat memahami dan mengoperasikannya, selanjutnya bagaimana mengemas bahan ajar kedalam teknologi tersebut.
3.       Unsur-unsur pendukung sangat dibutuhkan seperti keselamatan, kenyamanan, dan keindahan.
      Dalam proses belajar mengajar keselamatan dan kenyamanan tidak diperhatikan akan membahayakan anggota kelas. Dengan adanya teknologi tidak menimbulkan ketakutan dan keindahan tetap terjaga.
4.      Tenaga pendukung juga diperlukan ketika penggunaan teknologi lebih kompleks.

Apabila pengoperasiannya memerlukan pengetahuan yang tinggi, maka guru dapat memanfaatkan petugas pengoperasian teknologi tersebut yang lebih mampu dan berpengalaman.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar