Laman

Senin, 22 April 2013

EKOLOGI


Ekologi berasal dari bahasa Yunani, yang terdiri dari dua kata, yaitu oikos yang artinya rumahatau tempat hidup, dan logos yang berarti ilmu. Ekologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya. 
Dalam ekologi, kita mempelajari makhluk hidup sebagai kesatuan atau sistem dengan lingkungannya,dimana salah satu interaksi terjadi antar makhluk hidup dengan lingkungannya.(Ernest Haeckel, 1834-1914).
Semua makhluk hidup di alam mempunyai peran berbeda dalam dalam menyusun keberhasilan irama keseimbangan sebagaimana firman tuhan dalam Q.S Al-Hijr, ayat 19-21 yang artinya “Dan Kami telah menghamparkan bumi dan menjadikan padanya gunung-gunung dan Kami tumbuhkan padanya segala sesuatu menurut ukuran”(ayat 19).Dan Kami telah menjadikan untukmu di bumi keperluan-keperluan hidup, dan makhluk-makhluk yang kamu sekali-kali bukan pemberi rezki kepadanya”(ayat 20).Dan tidak ada sesuatupun melainkan pada sisi Kami-lah khazanahnya dan Kami tidak menurunkannya melainkan dengan ukuran yang tertentu.”(ayat 21).
Didalam ekologi terdapat ekologi tumbuhan dan hewan. Ekologi tumbuhan merupakan ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara tanaman dan lingkungan, lingkungan biotik maupun abiotik. Sedangkan ekologi hewan merupakan ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara hewan dan lingkungan, lingkungan biotik maupun abiotik.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ekologi merupakan cabang ilmu biologi yang pembahasannya tidak terlepas dari pembahasan ekosistem dengan berbagai komponen penyusunnya, yaitu faktor abiotik dan biotik.
Untuk menerangkan jumlah individu atau populasi diperlukan satuan pengukuran seperti kepadatan, frekuensi dan luas. Sedangkan untuk menghitung jumlah individu dan populasi atau komunitas dilakukan dengan cara pengambilan sampel populasi yang kemudian sampel tersebut dapat ditarik kesimpulan.
Ada berbagai metode yang dapat digunakan dalam sampling, salah satunya adalah metode plot atau berpetak dimana metode ini berbentuk segiempat yang digunakan untuk sampling tumbuhan darat dan hewan sisile.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar