Laman

Minggu, 24 Februari 2013

AIR


AIR MEMILIKI SIFAT TERTENTU

                Salah satu wujud dari zat adalah cair. Air sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup, tanpa air semua makhluk hidup akan mati. Contoh zat cair antara lain :  minyak tanah,bensin, air, dll.
                Sifat air antara lain sebagai berikut :
1.       Mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah.
2.       Permukaan yang tenang selalu datar.
3.       Bentuk sesuai dengan wadahnya
4.       Mempunyai berat.
5.       Memberikan tekanan ke segala arah.
6.       Meresap melalui celah – celah keci atau kapilaritas.
7.       Dapat berubah wujud.
8.       Air dapat melarutkan zat – zat tertentu.
Sifat permukaan air yang tenang selalu datar, sering sekali dimanfaatkan oleh tukang bangunan untuk memasang ubin. Alat tersebut sering disebut dengan waterpas.
Tekanan air pada berbagai kedalaman berbeda. Besarnya tekanan zat cair terhadap benda yang dimasukkan kedalamnya tergantung pada jarak benda dari permukaan zat cair, semakin dalam semakin besar pula tekanannya. Pascal menyebutkan bahwa tekanan yang diberikan kepada zat cair yang berada di dalam sebuah ruangan tertutup akan diteruskan oleh zat cair itu kesegala arah sama rata.
Di daerah Klimantan, air tidak hanya dimanfaatkan untuk keperluan sehari – hari. Akan tetapi air juga dimanfaatkan sebagai sarana transportasi. Tidak hanya itu tenaga air juga dapat di manfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik. Aliran air yang deras seprti pada air terjun dapat dimanfaatkan menjadi tenaga untuk menggerakkan turbin. Besarnya arus listrik yang dihasilkan generator  tergantung pada cepat lambatnya putaran turbin. Sumber energi listrik yang berasal dari tenaga air disebut dengan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar