Laman

Kamis, 01 November 2012

BUNYI



Bunyi Dihasilkan oleh Benda yang Bergetar



Bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar. Semua benda yang menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi.
Contoh sumber bunyi: getaran senar/dawai pada alat musik petik, senar gitar jika dipetik menghasilkan bunyi.getaran dua buah benda yang berbeda menghasilkan bunyi. Beradunya martil dengan besi/lonceng yang dipukul dan getaran dua buah benda yang bergesekan menghasilkan bunyi. Misalnya bunyi roda kendaraan sedang berjalan, gesekan antar daun karena hembusan angin.
Suatu benda misalnya gelas jika dipukul akanmengeluarkan bunyi, sebab ia memiliki frekuensi getaran alami sendiri. Jika kita menyanyikan nada musik berfrekuensi sama suatu benda maka benda itu akan bergetar. Peristiwa inilah yang dinamakan frekuensi.
Bunyi yang sangat kuat bisa mengakibatkan gelas neresonansi begitu kuatnya hingga gelas tersebut pecah.
Berdasarkan hasil pengamatan, garpu tala tidak akan berbunyi jika garpu tala itu hanya didiamkan dan tidak dipukul. Hal ini terjadi karena tidak ada gesekan antara garpu tala dengan kotak resonansi. Sehingga tidak ada getaran pada garpu tala. Namun ketika garpu tala dipukul dengan pensil maka akan berbunyi nyaring, hal ini dikarenakan adanya getaran. Getaran dapat dirasakan ketika kita memegang salah satu jari garpu tala.
Getaran garpu tala dapat diamati ketika garpu tala yang bergetar dimasukkan ke dalam air, akan terlihat pada tepi arpu tala akan membentuk gelomang air. Semakin kuat getaran yang dihasilkan oleh garpu tala maka akan terbentuk percikan pada permukaan air.


DAFTAR PUSTAKA

-          Rosa, kemala. 2006. Jelajah IPA untuk kelas 4 Sekolah Dasar. Jakarta: Yudhistira
-          http://id.wikipedia.org/wiki/Bunyi diakses pada tanggal 21 Desember 2011 pukul 21.46 WIB.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar